Usaha penggemukan sapi merupakan salah satu peluang usaha jangka panjang yang cukup menjanjikan? Mengapa demikian? Hal ini karena kebutuhan akan daging sapi tidak mengenal ruang dan waktu, sehingga mampu menghasilkan omset yang fantastis baik dijual per ekor (hidup) maupun potongan daging.

Perlu diketahui juga, bahwa usaha penggemukan sapi potong ini tidak lepas dari pemberian pakan yang baik dan berkualitas. Pakan terdiri dari 2 macam yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Jika anda ingin sukses dalam usaha budidaya sapi, maka konsentrat atau pakan penguat ini harus dipenuhi.

Saat ini untuk mendapatkan konsentrat bukanlah hal yang sulit, karena sudah banyak industri pakan hewan ternak yang memproduksi konsentrat dan diperjual belikan di pasaran. Tetapi perlu diketahui, bahwa tidak semua produk konsentrat di pasaran memiliki kualitas yang bagus. Maka dari itu, jika anda ingin membeli konsentrat, anda haruslah selektif dalam memilih produk konsentrat mana yang berkualitas dan terpercaya.

Adapun ciri-ciri konsentrat sapi potong yang baik agar anda lebih berhati-hati dalam memilihnya adalah sebagai berikut,

1.      Diproses dengan cara fermentasi

Konsentrat fermentasi terbukti memiliki kecernaan yang lebih tinggi daripada konsentrat tanpa fermentasi. Karena konsentrat fermentasi memiliki nutrien yang mudah dicerna daripada konsentrat tanpa fermentasi, sebab senyawa nutrien di dalam konsentrat fermentasi telah mengalami penyederhanaan.

Konsentrat fermentasi dapat dijadikan protein by-pass, karena lebih tahan dari degradasi mikroba rumen, tetapi mampu dicerna secara enzimatis di pasca rumen sehingga pada gilirannya akan mudah diserap di usus halus. Selain itu, konsentrat fermentasi memiliki aroma wangi yang dapat bertahan kurang lebih satu minggu, serta lebih tahan lama dibandingkan konsentrat tanpa fermentasi.

2.     Terdiri dari bahan-bahan yang komplit

Konsentrat yang memiliki komposisi lengkap merupakan salah satu ciri konsentrat bagus dan berkualitas. Bahan-bahan yang digunakan biasanya berasal dari bungkil kelapa, dedak, bekatul, kedelai dll. Serta sudah mengandung bahan baku tambahan antara lain mineral, garam, dan tetes tebu.

Jika peternak tidak teliti dalam membeli, bisa jadi konsentrat yang dibeli komposisinya belum komplit. Banyak juga peternak yang sudah membeli konsentrat tetapi masih membeli bahan pakan tambahan lain untuk memenuhi nutrisi ternak. Hal ini tentu saja peternak mengeluarkan biaya lebih dan akhirnya menjadi tidak ekonomis.

3.      Memiliki nutrisi yang baik

Konsentrat dikatakan berkualitas dan bagus apabila mengandung nutrisi yang seimbang. Nutrisi seimbang antara lain protein, energi, serat, lemak, vitamin, dan mineral. Pada konsentrat yang berkualitas biasanya sudah diuji di laboratorium untuk mengukur nutrisinya dan sudah sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia). Dengan melibatkan ahli gizi pakan hewan ternak, maka kalkulasi yang telah dilakukan sedemikian rupa dapat menghasilkan konsentrat yang memiliki nutrisi seimbang.

4.      Memiliki palatabilitas yang baik

Palatabilitas adalah tingkat kesukaan yang ditunjukkan oleh ternak untuk mengkonsumsi suatu bahan pakan yang diberikan dalam periode tertentu. Jika palatabilitas tinggi, maka nafsu makan sapi otomatis juga meningkat sehingga tingkat pertumbuhannya juga semakin cepat. Oleh karena itu, untuk usaha penggemukan sapi potong anda harus lebih selektif memilih konsentrat, anda harus memilih konsentrat yang memiliki palatabilitas tinggi. Hal-hal yang mempengaruhi palatabilitas adalah tekstur, warna, aroma, dan rasa.

Sekian pembahasan dari ciri-ciri konsentrat sapi potong yang baik. Dan jika kebetulan anda juga sedang mencari konsentrat sapi potong yang baik disinilah tempatnya. Kami menyediakan konsentrat yang baik pastinya sudah sesuai dengan SNI dan telah diformulasikan oleh pakar ahli gizi hewan ternak. Mahesa namanya, pakan konsentrat produksi PT Sinta Prima Feedmil ini sudah dibuktikan oleh banyak peternak sapi potong di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Yuk pakai konsentrat Mahesa sekarang juga!

Apabila anda berminat, silahkan hubungi nomor Whatsapp kami 0813-8401-2779. Kami senantiasa melayani anda sepenuh hati, karena kepuasan pelanggan merupakan kepuasan kami juga. Selain itu, kami juga memberikan layanan konsultasi gratis bagi peternak yang ingin konsultasi berkaitan dengan ternaknya.

Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk anda!

 

Comments are disabled.