Konsentrat adalah pakan ternak bergizi tinggi yang terusun dari beberapa bahan pakan dengan proporsi jumlah dan kandungan nutrisi yang berimbang. Dalam usaha penggemukan sapi selain pakan hijauan pemberian konsentrat merupakan faktor penting. Peternak harus memperhatikan hal ini agar pertumbuhan dan perkembangan sapi optimal, selain itu pemberian konsentrat meningkatkan produktivitas sapi. Konsentrat sendiri memiliki fungsi antara lain sebagai sumber energi pada hewan ternak, meningkatkan kandungan gizi dalam pakan, dan sebagai pakan pelengkap.

Pemberian konsentrat harus memperhatikan kebutuhan nutrisi hewan ternak, jangan sampai pemberian konsentrat terlalu berlebihan. Karena konsentrat hanyalah penguat atau pakan tambahan untuk mencukupi nutrisinya saja. Nah, Bagaimana cara kita memilih konsentrat sapi yang tepat dan bagus? Ada beberapa cara untuk memilihnya yaitu dijelaskan sebagai berikut

Jangan hanya memilih konsentrat yang mengandung tinggi proteinnya saja, tetapi pilihlah konsentrat dengan kandungan nutrisi seimbang.

Mengingat pentingnya konsentrat sebagai pakan penguat untuk membantu pemenuhan sumber energi pada sapi, maka peternak harus lebih bijak lagi dalam memilih konsentrat yang tepat dan bagus. Konsentrat yang bagus adalah konsentrat yang memiili kandungan seimbang seperti protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral. Dengan konsentrat yang bagus kualitasnya, sapi yang dihasilkan pun bagus, maka meningkatkan keuntungan bagi peternak.

Terdapat solusi bagi anda yang menginginkan konsentrat berkualitas bagus serta sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu konsentrat produksi PT SINTA PRIMA FEEDMIL. Terdapat 2 konsentrat yaitu konsentrat MAHESA untuk sapi potong dan LAKSITA untuk sapi perah. Konsentrat MAHESA dan LAKSITA sudah mencakup nutrisi yang seimbang di dalamnya, selain itu terdapat juga antioksidan yang dapat memperpanjang masa simpan.

Jangan tergiur dengan harga yang murah

Mengapa kita tidak boleh tergiur dengan harga yang murah dalam menentukan konsentrat? Karena bisa jadi konsentrat tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Jika sapi mengkonsumsi bahan-bahan berbahaya dapat mengakibatkan sapi terkena penyakit. Jadi peternak harus lebih selektif dalam hal memilih harga, jangan mempertimbangkan harganya saja, tetapi peternak juga harus memperhatikan kandungan konsentrat yang akan dibeli.

Memilih konsentrat dengan bahan baku nabati

Konsentrat yang berkualitas hanya berasal dari bahan baku nabati atau tumbuhan. Bahan-bahan nabati diantaranya seperti kedelai, kacang hijau, jagung, dan lain sebagainya. Tetapi saat ini ada oknum pembuat konsentrat jahil yang membuat konsentrat mencampurkan bahan hewani, padahal hal tersebut tidak baik untuk ternak.

Itulah beberapa cara untuk memilih konsentrat yang tepat. Jadi mulai sekarang lebih bijak dan selektiflah dalam memilih konsentrat. Semoga dapat memberi wawasan dan referensi bagi anda yang ingin membeli konsentrat dengan tepat. Karena dengan pemberian konsentrat yang tepat, maka pertumbuhan dan perkembangan sapi akan lebih optimal pada akhirnya akan menghasilkan sapi yang berkualitas bagus.

Comments are disabled.