Penggemukan ternak menjadi perhatian bagi peternak terutama pada saat menjelang Idul Adha atau Idul Qurban.Selain itu, usaha penggemukan sapi merupakan usaha yang memiliki peluang besar serta keuntungan yang tinggi. Hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan daging dari tahun ke tahun. Bagi peternak yang ingin memulai usaha penggemukan sapi, anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana caranya agar penggemukan bisa berhasil. Baca dan pahamilah beberapa cara penggemukan sapi di bawah ini :

Bakalan Sapi Pastikan Memiliki Kualitas yang Bagus

Usaha penggemukan sapi memang diminati bagi peternak. Yang harus diperhatikan oleh peternak yakni memilih bakalan yang bagus. Dengan Memilih bakalan yang bagus dapat mempengaruhi produktivitas sapi dan efisiensi pakan yang digunakan, sehingga memilih bakalan yang bagus sangat berpengaruh dalam usaha penggemukan. Jika salah memilih bakalan, anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih untuk pakan, tetapi pertambahan bobot yang tidak seberapa. Namun jangan khawatir, bagi peternak yang baru mulai ingin usaha penggemukan sapi bisa melakukan cara sebagai berikut untuk memilih bakalan yang bagus :

Bentuk fisik bakalan sapi

Bentuk fisik yakni meliputi kaki yang tegak, punggung yang lurus, ekor yang besar, memiliki dada yang lebar, dan mempunyai rangka tubuh yang kokoh serta lebar.

Jenis kelamin

Jenis kelamin yang baik yaitu sapi dengan kelamin jantan, karena laju pertumbuhan sapi jantan lebih cepat dibandingkan sapi betina. Selain itu, mencegah pemotongan ternak sapi betina yang berproduktif.

Menentukan umur sapi

Bakalan sapi yang bagus bisa dipilih dari  sapi yang usia muda, yakni pada umur 1,5 tahun sampai 2,5 tahun. Dikarenakan jika memilih sapi diatas 2,5 tahun memiliki pertumbuhan bobot yang lambat dibandingkan dengan umur dibawahnya.

Memberikan ransum yang seimbang

Memberikan ransum yang seimbang merupakan faktor yang penting dalam usaha penggemukan ternak sapi. Ransum seimbang adalah ransum yang diberikan selama 24 jam pada sapi yang mengandung semua zat nutrien (protein, serat, vitamin, dan mineral). Kesuksesan usaha penggemukan sapi dipengaruhi dari pemberian ransum yang seimbang secara optimal. 

Berikan pakan penguat (konsentrat)

Konsentrat merupakan campuran dari beberapa bahan pakan yang bergizi tinggi dengan proporsi jumlah dan kandungan nutrisi yang berimbang. Konsentrat bagi sapi bermanfaat untuk meningkatkan gizi pakan sehingga mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak. Selain itu, konsentrat juga bisa membantu menambah bobot sapi. Konsentrat yang berkualitas tinggi untuk mempercepat penggemukan sapi, peternak bisa menggunakan konsentrat produksi PT Sinta Prima Feedmil  bermerek Mahesa yang telah dirancang sebagai sumber energi dan sumber protein bagi sapi anda.

Kebutuhan air selalu terjaga

Pemberian air yang cukup membantu usaha penggemukan sapi, karena dalam mencerna pakan hijauan sapi memerlukan air untuk membantu proses pencernaannya. Memberikan air pada sapi harus disediakan sepanjang waktu dengan kebutuhan air minum 20-40 liter/ekor/hari. Selain itu agar sapi tidak mengalami dehidrasi.

Pastikan sapi dalam kondisi prima

Faktor yang tidak kalah penting adalah kondisi kesehatan sapi. Sapi dalam kondisi sehat sangat berpengaruh dalam kesuksesan usaha penggemukan, karena mempengaruhi produktivitas sapi. Menjaga kesehatan sapi susah-susah gampang bagi peternak, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan sapi yaitu antara lain manajemen kandang yang baik, kebersihan kandang dan sapi, pemberian vitamin mineral, dan menjaga kualitas pakan.

Sekian pembahasan mengenai cara menggemukan sapi potong secara optimal, usaha sapi memiliki potensi keuntungan yang besar. Dengan sapi yang gemuk dan berkualitas tentu menaikkan harga jual sapi tersebut. Yuk mulai usaha penggemukkan sapi dari sekarang!! Sapi senang peternak pun ikut senang.

Comments are disabled.