Banyak orang yang memandang sebelah mata usaha peternakan sapi, padahal sebenernya usaha sapi merupakan usaha yang memiliki peluang besar serta keuntungan yang tinggi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan permintaan daging dari tahun ke tahun meningkat, sedangkan permintaan yang meningkat tersebut belum diimbangi dengan penambahan produksi yang memadai.

Apalagi pada saat menjelang Idul Adha harga sapi potong lebih mahal daripada hari biasanya. Untuk anda yang ingin memulai usaha ternak sapi potong, anda harus tahu beberapa jenis pakan untuk mempercepat penggemukan. Berikut beberapa jenis pakan sapi potong untuk mempercepat penggemukan.

  1. Rumput hay atau rumput gajah

Rumput hay adalah tanaman hijauan yang diawetkan dengan cara dikeringkan kemudian disimpan dalam bentuk kering dengan kadar air 12%-30%. Bahan pakan yang biasa digunakan untuk pembuatan rumput hay adalah segala macam hijauan yang disukai ternak sapi. Umumnya yang digunakan adalah limbah pertanian seperti Jerami padi, Jerami jagung, batang dan daun kedelai, dan lain sebagainya.

Pengeringan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan hijauan sehingga pakan dapat disimpan dalam waktu yang lama dan tidak mudah membusuk. Mengolah menjadi rumput hay merupakan salah satu cara untuk menyimpan makanan pakan agar tetap memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Rumput hay yang baik yaitu mengandung 80-85% nutrisi pada rumput yang telah dikeringkan, warna tetap hijau, dan terhindar dari jamur.

  1. Konsentrat atau pakan penguat

Konsentrat adalah pakan ternak bergizi tinggi yang tersusun dari beberapa bahan pakan dengan proporsi jumlah dan kandungan nutrisi yang berimbang. Dalam usaha penggemukan sapi selain pakan hijauan pemberian konsentrat merupakan faktor penting. Peternak harus memperhatikan hal  ini agar pertumbuhan dan perkembangan sapi optimal, selain itu pemberian konsentrat meningkatkan produktivitas sapi. Konsentrat sendiri memiliki fungsi antara lain sebagai sumber energi pada hewan ternak, meningkatkan kandungan gizi dalam pakan, dan sebagai pakan pelengkap.

Pakan konsentrat terbuat dari bahan dengan serat kasar yang rendah sehingga mudah dicerna oleh ternak. Konsentrat berperan penting mempercepat proses penggemukan sapi potong, tetapi jangan sampai pemberian konsentrat terlalu berlebihan. Karena konsentrat hanyalah penguat atau pakan tambahan untuk mencukupi nutrisi sapi.

  1. Pakan Fermentasi

Pakan fermentasi merupakan pakan ternak yang telah melalui proses perubahan struktur kimia yang dibantu oleh enzim mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Pakan fermentasi yang dibuat dari bahan jerami padi yang diberi campuran leguminosa, dedak dan garam untuk semakin memperkaya kandungan nutrisi dalam pakan. Tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan pakan fermentasi dari bahan jerami padi adalah untuk membantu peternak dalam penyedian pakan ternak yang berkualitas di musim kemarau serta membantu dalam pemanfaatan limbah pertanian.

Pakan fermentasi memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Mempunyai kandungan protein lebih tinggi dari jerami biasa.
  2. Lebih mudah dicerna oleh hewan ternak (ruminansia).
  3. Nilai gizi pakan meningkat.
  4. Beraroma harum, tidak berbau busuk.
  5. Lebih higenis.
  6. Bahan mudah didapat dan murah.
  7. Sebagai cadangan pakan tahan lama, praktis, dan murah.

Itulah beberapa jenis pakan sapi potong untuk mempercepat penggemukan. Semoga menambah wawasan dan referensi bagi anda yang ingin memulai usaha penggemukan sapi potong. Pantau terus website kami untuk mendapatkan informasi yang menarik dan informatif lainnya. Terimakasih dan salam sukses!

Comments are disabled.