Pada dasarnya budidaya ternak sapi memiliki potensi keuntungan yang besar, tetapi cara menjaga kesehatan sapi inilah yang bisa dibilang gampang-gampang susah bagi peterrnak. Kerugian yang besar biasanya disebabkan karena timbulnya penyakit pada sapi.

Kerugian tersebut karena biaya pengobatan yang cukup mahal, sapi mengalami penurunan berat badan, bahkan kematian sapi. Sapi yang terjaga kesehatannya memengaruhi kualitas dan kuantitas daging maupun susu yang dihasilkan.

Menjaga sapi tetap sehat merupakan prioritas peternak supaya sapi yang dihasilkan berkualitas. Sebagai peternak, anda harus mengetahui beberapa cara berikut untuk menjaga kesehatan sapi.

Manajemen Kandang

Sapi perlu mendapatkan ruang gerak yang cukup agar tidak stress. Selain itu, sirkulasi udara, kelembapan, dan perubahan suhu lingkungan sangat berpengaruh dalam kesehatan sapi. Dalam hal ini alangkah lebih baiknya anda sebagai peternak harus membuat kandang yang nyaman untuk sapi. Buatlah kandang berventilasi agar sirkulasi udara tetap terjaga dan pastikan sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang agar tidak lembap. Penyediaan air minum yang cukup juga membantu agar sapi tidak kepanasan dan tidak mengalami dehidrasi.

Menjaga Kebersihan Tubuh dan Kandang

Kebersihan kandang sapi perlu dijaga agar sapi tetap nyaman dan sehat. Karena seringnya sapi buang kotoran, maka anda sebagai peternak jangan membiarkan kotoran sapi menumpuk di kandang. Membersihkan sisa pakan secara rutin dan membersihkan area sekitar kandang dari sampah, semak-semak dll.

Tidak hanya kandang yang perlu dibersihkan, tetapi sapi juga harus dibersihkan dari kotoran yang melekat pada kulit. Kulit yang kotor dapat menyebabkan penyakit yang serius. Membersihkan kulit sapi dapat dilakukan dengan cara memandikannya dengan rutin.

Pemberian Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral termasuk aspek penting bagi kesehatan tubuh sapi. Pemberian vitamin dan mineral secara rutin membantu memelihara kesehatan sapi. Jika sapi kekurangan vitamin mineral bisa berpotensi mengakibatkan penurunan fertilitas serta penyakit tulang dan kesehatannya tidak terjaga dengan baik.

Maka dari itu peternak tidak boleh menyepelekan pemenuhan vitamin dan mineral pada sapi yang dibudidayakannya. Pemberian vitamin dan mineral bisa dicampur dengan ransum pakan harian.

Menjaga Kualitas Pakan

Pakan merupakan hal yang sangat penting dalam beternak sapi. Menjaga kesehatan sapi tentunya tidak lepas dari pemilihan pakan. Pakan yang bebas dari zat kimia, masih segar, dan bernutrisi adalah pakan yang baik bagi sapi. Pakan yang baik bisa memenuhi kebutuhan pokok nutrisi misalnya energi dan protein.

Selain memberikan pakan yang baik, agar lebih optimal disarankan memberikan konsentrat atau pakan penguat tambahan. Apalagi MAHESA yang merupakan konsentrat sapi potong produksi PT Sinta Prima Feedmil mengandung bahan-bahan kompleks plus multivitamin dan trace mineral. Dengan kandungan tersebut, selain menjaga kesehatan juga dapat meningkatkan bobot badan sapi.

Selain MAHESA, PT Sinta Prima Feedmill juga memproduksi pakan sapi perah bermerek LAKSITA. Sama seperti MAHESA, konsentrat LAKSITA juga menjaga kesehatan sapi perah, bahkan dapat meningkatkan produktivitas susu baik secara kualitas maupun kuantitasnya.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan sapi. Dengan mengetahui cara merawat sapi yang tepat dapat mengurangi resiko sakit pada sapi. Yuk mulai jaga kesehatan sapi anda! Sapi yang sehat tentunya memberikan keuntungan yang lebih dalam segi harga dan kualitas sapi.

Comments are disabled.