Hal yang perlu mendapat perhatian khusus berkaitan dengan kesuksesan ternak sapi yaitu cara mencegah sapi tidak mudah sakit. Kontrol kesehatan ternak sapi yang baik adalah langkah penting dalam beternak sapi potong maupun sapi perah.

Pengendalian berbagai penyakit menular pada sapi merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian, sebagaimana kita tahu bahwa pengendalian penyakit jauh lebih baik daripada pengobatan. Hal ini dikarenakan apabila ternak sapi sudah terkena penyakit otomatis biaya yang dibutuhkan juga akan bertambah.

Pada akhirnya peternak mengalami kerugian yang besar. Selain rugi dalam segi biaya, peternak juga rugi karena penurunan produktivitas pada sapi. Sapi yang terkena penyakit akan mengalami penurunan bobot badan dan penurunan produksi susu yang signifikan. Maka dari itu, dalam pemeliharaannya sangat penting untuk memperhatikan kesehatan ternak sapi.

Lantas bagaimana cara mencegah sapi tidak mudah sakit?

Berikut setidaknya ada 3 cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah sapi tidak mudah sakit, yaitu

1. Mencegah penyakit melalui bibit

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah memilih bibit/ bakalan sapi. Pilihlah bibit/ bakalan sapi yang sehat atau benar-benar terbebas dari penyakit. Ada 3 langkah yang dapat anda lakukan untuk memilih bibit/ bakalan yang sehat yaitu antara lain

  • Pilihlah bibit dengan teliti. Anda harus mempunyai pengetahuan tentang ciri-ciri dari bibit ternak yang unggul dan sehat.
  • Usahakan membeli bibit ternak dari peternak/ agen yang benar-benar dapat dipercaya dan mengutamakan kesehatannya.
  • Memisahkan bibit ternak yang masih muda dari ternak yang sudah tua (besar). Karena bibit ternak yang masih muda sangat peka terhadap penyakit yang bisa saja ditularkan oleh ternak dewasa.

2. Mencegah penyakit melalui kualitas pakan

Mencegah penyakit juga dapat dilakukan dengan pemberian pakan yang berkualitas tinggi dan cukup jumlahnya. Pemberian pakan yang baik dengan jumlah yang tepat tentu akan menghasilkan daya tahan tubuh ternak yang baik pula. Dan sebaliknya apabila anda memberikan pakan dengan kualitas yang rendah dengan jumlah yang kurang dari kebutuhan maka, ternak yang anda pelihara dapat mengalami kekurangan gizi, mudah sakit, dan pertumbuhan serta perkembangan ternak tidak optimal.

Maka dari itu, selalu sediakan pakan dan air minum dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan kebutuhan ternak sapi baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Pemberian pakan yang bermutu tinggi pada ternak ini penting dilakukan sejak ternak baru lahir sampai dengan saat panen. Pakan ternak yang baik terdiri dari 2 macam yaitu pakan hijauan yang bisa berasal dari legum, rerumputan dan pakan konsentrat dengan nutrisi seimbang.

3. Mencegah penyakit melalui manajemen pengelolaan yang baik

Mencegah penyakit melalui kontrol manajemen ternak merupakan upaya pencegahan ternak dari stress sekaligus ancaman agen penyakit yang dapat mengakibatkan penurunan kesehatan ternak. Beberapa cara yang dapat anda gunakan dalam program pencegahan penyakit yaitu antara lain,

  • Berikan obat cacing secara teratur. Hal ini berguna untuk membasmi cacing secara tuntas dan memutus siklus hidup parasit tersebut.
  • Buat kandang dengan sirkulasi udara yang didukung dengan ventilasi yang baik untuk menghindarkan ternak dari stress panas, hujan deras, angin kencang, dingin dll.
  • Melakukan vaksinasi secara rutin. Tujuan dari vaksinasi ini adalah untuk merangsang mekanisme pertahanan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang digunakan melawan serangan penyakit. Selain bertujuan untuk mencegah penyakit, vaksinasi dapat juga digunakan untuk tujuan pengobatan maupun terapi.
  • Mengubur atau membakar ternak setelah terkena penyakit menular berbahaya seperti penyakit Anthrax.
  • Melakukan sanitasi kandang dan lingkungan, mencuci dan menyemprot kandang serta peralatannya dengan air sabun (detergen) dan antiseptik secara teratur.
  • Mandikan juga ternak sapi secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar terbebas dari berbagai kuman dan kotoran penyebab penyakit yang menempel di tubuh sapi.

Sekarang anda sudah tahu bahwa mencegah sapi tidak sakit adalah hal mendasar yang perlu anda lakukan agar dapat menjalankan usaha ternak sapi dengan keuntungan yang tinggi.

Anda juga sudah tahu cara menjaga kesehatan sapi. Nah, dengan mengetahui cara perawatan kesehatan ternak sapi yang tepat, tentu resiko sapi anda sakit akan berkurang. Perlu diingat juga bahwa, sapi yang sehat adalah syarat utama untuk meraup keuntungan yang lebih dari harga dan kualitas daging maupun susunya,.

 

Comments are disabled.